Breaking News

,

Hendak Tingkatkan Investasi Perwakilan China dan Jepang Temui Jokowi

Presiden Jokowi saat bertemu dengan delegasi China
Jakarta, Laras Post � Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China dan Jepang, menunjukkan gairahnya untuk meningkatkan investasi di Indonesia. Delegasi kedua negara, bergantian menemui Presiden Joko Widodo, pada Rabu (27/5/2015) di ruang utama Istana Merdeka, Jakarta.

Delegasi China dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri, Liu Yandong berkesempatan menemui Jokowi terlebih dahulu, disusul kemudian oleh delegasi Jepang yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengungkapkan, Jokowi pada pertemuan dengan Wakil PM China Liu Yandong, meminta agar proyek-proyek yang dibiayai investor asal China di Indonesia, bisa dilakukan dengan cepat pembangunannya.

Pratikno menegaskan, presiden tidak ingin hanya dilakukan groundbreaking saja tapi pembangunannya harus dipercepat. "Presiden nggak mau hanya janji-janji saja, atau groundbreaking saja, eksekusi harus cepat. Percepatan implementasi proyek-proyek yang didanai oleh investasi China," ujarnya usai mengikuti pertemuan, kepada wartawan, pada Rabu (27/5/2015) di Istana Negara.

Ia menyebutkan, pada kesempatan itu delegasi China, juga menyampaikan bahwa China ingin memperluas kerjasama dengan Indonesia, terutama di bidang pendidikan. "China menginginkan kerjasama antar universitas,� tegasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir menyampaikan, pada pertemuan dengan Jokowi, mantan PM Jepang, Yasuo Fukuda menyampaikan, negaranya berkeinginan untuk meningkatkan kerjasama.

Selain itu, Jepang juga menyampaikan, dukungan terutama terhadap berbagai macam peraturan, baik aturan terkait investasi, mengenai tanah, dan lainnya. (her, sg, ram)

Tidak ada komentar