Breaking News

,

Keji Beling Dapat Mencegah AIDS

Daun Keji Beling atau Strobilanthes crispus
Laras Post - Indonesia yang sangat kaya dengan aneka ragam tumbuh-tumbuhan obat sudah lama mengenal manfaat dari daun keji beling. Karena telah terbukti khasiatnya selama beberapa generasi sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Tumbuhan keji beling yang memiliki nama ilmiah Strobilanthes crispus sebenarnya mudah kita jumpai dan biasa tumbuh liar di pekarangan, kebun, pinggir sungai, semak belukar dan tebing-tebing, tumbuhan ini juga mudah sekali tumbuh didataran tinggi maupun dataran rendah, tumbuhan keji beling ini sangat mudah beradaptasi di iklim tropis seperti di Indonesia.
Berbagai macam khasiat Keji beling ini digunakan untuk anti diabetes, diuretik, antisipilis, antioksidan, dan antimikroba,dan laksatif. Umunya diseduh untuk dijadikan teh. Zat kalium dari tumbuhan ini menyebabkan tumbuhan ini menyebabkan diuretik, sehingga dapat melarutkan batu yang terbentuk dari garam kalsium oksalat pada kantung empedu, kantung kencing, dan ginjal. Kecibeling juga diketahui mengandung polifenol, katekin, kafein, tanin, dan vitamin.Adanya kandungan asam silikat menyebabkan penderita gastritis dilarang meminum rebusan keji beling. Selain itu, dapat juga menyembuhkan leukimia dan mencegah AIDS.
Sebuah percobaan pernah dilakukan terhadap mencit dengan menggunakan kecibeling, yang hasilnya dapat menyembuhkan nekrosis hati. Selain itu, dikabarkan bahwa kecibeling tidak beracun, dan mengandung antioksidan. Dibuktikan dengan tumbuhan ini yang hanya beracun terhadap kanker usus dan hati saja, ia tidak merusak sel sehat. Selain itu, diketahui tumbuhan ini lebih efektif membunuh sel kanker ketimbang obat-obatan kanker konvensional seperti tamoksifen, doksorubisin, paklitaksel, dan dosetaksel. Keji beling juga bisa untuk menyembuhkan kanker payudara, dan prostat. Namun, yang jelas kecibeling berpotensial untuk dikembangkan sebagai tumbuhan pencegah kanker.
Cara merebusnya juga sangat simple dengan menyiapkan 30 gram daun keji beling segar/kering lalu rebus dalam 250 ml air bersih sampai tersisa 150 ml. setelah dingin, saring. Bagi untuk 3 kali minum dan habiskan dalam sehari.
Atau bisa juga dicampur dengan tumbuhan obat lain dan pada umumnya keji beling direbus bersamaan dengan Kumis kucing yang juga banyak khasiat dan kegunaannya yang diantaranya menyembuhkan rematik.

Tidak ada komentar