Breaking News

,

Baznas Beri Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Gempa Turki dan Suriah

 


JAKARTA, LARAS POST - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa bumi Turki dan Suriah. 

“Untuk itu, Baznas mengirimkan empat relawan dan bantuan berjumlah Rp10 miliar yang akan dilakukan secara berkala,” ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia  Prof. Dr. KH. Prof Noor Achmad, MA, Jumat (10/2/2023). 

Noor Achmad menyatakan bahwa  bantuan baru akan dilakukan Sabtu (11/2/2023) bukan karena terlambat.

"Kita mempelajari lebih dahulu, dan untuk itu, Baznas mengirimkan 4 Tim Tanggap Bencana untuk Turki dan Suriah terdiri dari 4 orang yang merupakan profesional di bidang penyelamatan, medis dan juga media yaitu, Ahmad Fikri, dr. Reza Ramdhoni, Budi Margono, dan Taufiq Hidayat," ujar Noor Ahmad didampingi jajaran Pimpinan Baznas RI, Sekretaris Utama, Deputi dan Direktur.  

"Bantuan akan terus ditambah dengan target mencapai Rp10 miliar untuk korban bencana Turki dan Suriah," paparnya 

Jadi, sambungnya, bantuan dalam bentuk beras, selimut dan bahan pokok lainnya, dan di sana, para relawan mempelajari apa yang dibutuhan korban bencana gempa Turki dan Suriah.

Noor Acmad melanjutkan, tim yang diberangkatkan merupakan tim awal atau tim advance yang bertugas mengidentifikasi kebutuhan yang tepat untuk korban bencana.

"Tim ini akan berada selama satu minggu di sana yang bertugas mempelajari apa yang sebenarnya dibutuhkan di sana, berkoordinasi dengan kedutaan dan para relawan dari belahan dunia lain, serta membentuk relawan dari mahasiswa Indonesia yang tinggal di sana," tukas Noor Achmad. 

Dia  berharap, dengan bantuan masyarakat Indonesia melalui Baznas dapat meringankan penderitaan para korban gempa Turki dan Suriah.

Sebelumnya, dalam Rapat Koordinasi Humanitarian dan Filantropi Bantuan Kemanusiaan Bencana Gempa Turki dan Suriah di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jumat (10/2/2023), Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.S.i menyampaikan, sebagai lembaga pemerintah non struktural, Baznas mengikuti mekanisme pemerintah dan menjadi bagian dari koordinasi kerja sama lintas lembaga dan kementerian, dalam penyaluran bantuan ini.

Dalam rapat tersebut, Staf Khusus Menko PMK RI, Khoirul Muttaqin juga menyampaikan pesan dari Menko PMK Muhadjir Effendy terkait kesiapan semua tim yang diberangkatkan ke Turki maupun Suriah.

Khoiril menyampaikan agar tim yang berangkat ke lokasi bencana baik Turki maupun Suriah berkoordinasi dengan kedutaan besar di sana.

Di samping itu, tim juga harus betul-betul siap dan bisa bekerja secara mandiri. (wan)


Tidak ada komentar