Breaking News

,

Persiapan Program Jangka Menengah 2024-2025, Tahun 2024 Pemkab Bogor Fokus Target Pencapaian Daerah

Pemerintah Kabupaten Bogor saat menggelar acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024, di Ruang Serbaguna I, Sekretariat Daerah, Cibinong, Jumat (10/02).

BOGOR, LARAS POST - Terkait persiapan program jangka menengah 2024-2025 mendatang guna tercapainya pembangunan dan kebutuhan masyarakat terang benderang. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pada tahun 2024 fokus melanjutkan pencapaian target daerah. Hal ini dibahas pada acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024, di Ruang Serbaguna I, Sekretariat Daerah, Cibinong, Jumat (10/02/2023). 

Hadir pada forum tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, unsur Forkopimda Kabupaten Bogor, beserta jajaran Pemkab Bogor lainnya. Forum konsultasi publik ini dihadiri pula secara virtual oleh para stakeholder pembangunan. 

Target pencapaian daerah yang akan dilanjutkan diantaranya laju pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita, PDRB, angka kemiskinan, pengangguran, dan yang lainnya untuk bersinergi dan mendukung pencapaian target makro Provinsi Jawa Barat dan nasional. 

Mewakili Plt. Bupati Bogor, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin meminta penyusunan RKPD tahun 2024 dilakukan secara partisipatif, bersifat bottom – up, dan seluruh perangkat daerah fokus pada perencanaan teknokratik yang dikombinasikan dengan usulan masyarakat, agar tepat sasaran. 

"Kita harus berupaya meningkatkan layanan publik, meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, dan meningkatkan daya saing daerah dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan," kata Burhanudin. 

Burhanudin mengungkapkan, luasnya wilayah dan jumlah penduduk yang terus bertambah, menjadikan tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Bogor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan dasar, pelayanan wajib non pelayanan dasar, serta urusan pilihan lainnya. 

"Saya minta agar usulan program kegiatan dalam forum ini, dapat fokus dan menukik kepada penyelesaian masalah dan isu strategi, agar pemanfaatan belanja daerah yang terbatas dapat dioptimalkan," ujar Burhanudin. 

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengatakan, banyak program-program yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang dijabarkan dalam program Pancakarsa. Di dalamnya ada Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Membangun, Bogor Maju, dan Bogor Berkeadaban. 

"Menyelesaikan program-program yang tertuang pada RPJMD yang akan berakhir pada tahun 2023 bukanlah perkara mudah. Ini tantangan besar bagi kepala daerah untuk merealisasikan, mengimplementasikan, dan menyelesaikan visi dan misi," kata Rudy. 

Rudy menerangkan, acara hari ini merupakan acara yang paling penting, hari ini adalah momentum kita sama-sama memberikan saran, memberikan masukan untuk menyusun RKPD tahun 2024. Karena RKPD tahun 2024 adalah pedoman bagi Penjabat (PJ) Bupati Bogor melaksanakan program-program dan roda pemerintahan di Kabupaten Bogor.   

“Kami memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah dalam RKPD 2024, program-program yang baik kita apresiasi, program-program yang baik kita lanjutkan, sehingga yang akan menduduki jabatan PJ Bupati Bogor tanggal 1 Januari 2024 hingga April 2025, programnya telah dipersiapkan, telah disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor,” terang Rudy Susmanto. (Her)

Tidak ada komentar